Agustus, Pertamina Targetkan RFID Terpasang di Seluruh SPBU Jabodetabek

Kompas.com - 31/07/2013, 09:40 WIB
Petugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium KOMPAS/PRIYOMBODOPetugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (persero) menargetkan pada bulan Agustus 2013, seluruh SPBU di Jabodetabek sudah terpasang alat kendali bahan bakar minyak bersubsidi dengan teknologi identifikasi frekuensi radio (radio frequency identification/RFID).

"Pemasangan RFID terus berjalan, mamang agak mundur. Pertengahan Agustus 276 SPBU di Jabodetabek sudah ber-RFDI," kata Hanung Budua, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina di Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Hanung mengatakan, dari 276 SPBU yang berada di Jabodetabek, hingga kini uang sudah terpasangi RFID baru sekitar 150 SPBU. Selain itu Hanung menuturkan, yang membuat keterlambatan pemasangan RFDI ini ialah sulitnya memasangkan RFID tag pada kendaraan.

"Yang menjadi pekerjaan rumah memasangkan RFID tag di kendaraan. 10 hari setelah Lebaran kita akan memaksimalkan RFID di mobil," kata Hanung.

Hanung mengatakan, setelah Jabodetabek, pihaknya menargetkan wilayah Kalimantan untuk dipasang RFID ini. Menurutnya, di Pulau Borneo tersebut terdapat banyaknya kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi yang dijual dan digunakan untuk truk-truk pertambangan.

"Kita pasang untuk meminimalir penyalahgunaan solar PSO. Kalau kita jalankan ke seluruh Kalimantan, ada penghematan karena indikasi penyalahgunaan PSO di Kalimantan cukup besar terutama untuk pertambangan," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X