Bisnis Camilan Pisang Kremes

Kompas.com - 18/08/2013, 15:14 WIB
Pisang shutterstockPisang
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com - Buah pisang kerap diolah menjadi camilan lezat. Olahan yang paling mudah dibuat dan banyak digemari orang adalah pisang goreng. Makanya, kita bisa dengan mudah menjumpai gerai-gerai pedagang pisang goreng di kaki lima. Salah satu yang menggeluti usaha pisang goreng adalah Alfa Wijaya di Jakarta.

Alfa merintis usaha ini sejak 2011. Ia memilih variasi pisang goreng kremes berbumbu. Produk tersebut diberi nama Pisang Ongol-Ongol. Ada lima varian rasa pisang kremes yang ditawarkannya, yaitu rasa sambal balado, jagung manis, keju, coklat, dan barbekyu. Harganya Rp 3.000 per buah.

Lantaran melihat peluang yang besar dan banyak peminat, Alfa saat itu  langsung membuka tawaran kemitraan. Alhasil, kini sudah terdapat 100 gerai Pisang Ongol-Ongol yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tertarik menjajal usaha ini? Alfa mengemas tiga pilihan paket kemitraan, yaitu paket super hemat, hemat, dan paket lengkap.

Besar investasi untuk paket super hemat bernilai Rp 3,5 juta. Mitra akan mendapatkan banner, bahan baku bumbu dan tepung, kemasan, seragam, DVD pelatihan, dan daftar rasa.

Sementara, paket hemat seharga Rp 5 juta. Mitra yang membeli paket ini bisa langsung berjualan. Pasalnya, pihak pusat memberikan booth, kompor, gas, perlengkapan masak lengkap, bahan baku bumbu dan tepung, banner, kemasan, pelatihan, dan menu.

Jika ingin menjual camilan pisang sekaligus minuman teh, Anda bisa memilih paket lengkap. Investasinya sebesar Rp 6 juta. Mitra berhak mendapatkan booth, kompor, gas, perlengkapan masak lengkap, bakan baku bumbu dan tepung, banner, pelatihan, serta kemasan untuk pisang dan teh.

Alfa memperkirakan, mitra bisa menghasilkan omzet sekitar Rp 9 juta per bulan. Dengan target laba bersih mencapai 40 persen, mitra diharapkan balik modal bisa dalam waktu satu hingga dua bulan.

Nantinya, mitra wajib membeli b;ahan baku berupa pisang dan bumbu dari pusat. (Pravita Kusumaningtias)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X