Sri Mulyani: WNI di Luar Negeri Bisa Beli Obligasi Indonesia

Kompas.com - 19/08/2013, 14:47 WIB
Managing Director Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati, keluar dari Kantor Kementerian Perekonomian setelah mengadakan pertemuan, Kamis (12/7/2012). Sebelumnya Sri Mulyani menghadiri diskusi ekonomi di Kantor Badan Koordinator Penanaman Modal. TRIBUN NEWS/DANY PERMANA TRIBUNNEWS/DANY PERMANAManaging Director Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati, keluar dari Kantor Kementerian Perekonomian setelah mengadakan pertemuan, Kamis (12/7/2012). Sebelumnya Sri Mulyani menghadiri diskusi ekonomi di Kantor Badan Koordinator Penanaman Modal. TRIBUN NEWS/DANY PERMANA
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah bisa menginstruksikan para warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri untuk bisa membeli obligasi yang diterbitkan pemerintah selama ini. Sehingga, surat utang negara tersebut tidak dibeli asing melulu.

"Selama ini banyak WNI di luar negeri yang menyimpan dana menganggur (idle cash). Obligasi itu bisa dibeli mereka, daripada dibeli asing," kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara di 2nd Congress of Indonesian Diaspora di Jakarta Convention Center, Senin (19/8/2013).

Mantan menteri keuangan RI ini mengharapkan pemerintah Indonesia bisa meniru kebijakan negara lain yang mau dan mampu menginstruksikan warganya yang tinggal di luar negeri untuk memberi obligasi dalam negeri. Dengan pembelian oleh warga sendiri, surat utang tersebut juga hanya berputar pada masyarakat sendiri, meski masyarakat ini berada di luar negeri. Apalagi, pembelian obligasi ini akan memberikan kedekatan emosional terhadap negara dan membuat WNI di luar negeri ini tidak lupa terhadap negaranya sendiri.

Di sisi lain, pemerintah pun mampu memberikan imbal hasil (yield) yang menguntungkan bagi warganya sendiri dan mendidik masyarakat untuk berinvestasi sekaligus membantu negaranya sendiri. "Potensinya besar, bahkan sampai 1.000 dollar AS itu masih bisa dibeli oleh WNI yang tinggal di luar negeri ini," katanya.

Kedatangan Sri Mulyani ke Indonesia ini adalah dalam rangka kegiatan diaspora Indonesia. Diaspora ini merupakan kegiatan bagi warga Indonesia yang tinggal di luar negeri dan mengadakan semacam reuni pulang kampung di Indonesia untuk kembali mengenang kampung halamannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X