Pertahankan Produksi, JOB Pertamina-Petrocina Gelontorkan Rp 900 miliar

Kompas.com - 14/11/2013, 15:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Joint Operation Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java menyiapkan dana sekitar Rp 900 miliar untuk mempertahankan dan menambah produksi minyak di lapangan Sukowati Bojonegoro, Jawa Timur.

Kepala Administrasi Lapangan Sukowat JOB Pertamina-Petrochina East Java, Hananto Aji menyebutkan, dana itu akan digunakan untuk mengebor 10 sumur baru dan 1 sumur eksplorasi. "Kalau sumur baru itu ditujukan agar produksi minyak bisa dipertahankan. Adapun sumur eksplorasi untuk menambah produksi. Total sumur yang akan kami bor mencapai 11 unit," ujarnya kepada wartawan saat field trip ke lapangan Sukowati, Bojonegoro.

Untuk sumur baru, rata-rata biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 90 miliar, sedangkan sumur eksplorasi bisa lebih besar lagi. "Di samping itu, kami juga melakukan EOR (enhanced oil recovery/ pemompaan pada sumur minyak tua) agar produksi tetap stabil," jelasnya.

Rata-rata produksi minyak sumur tua melalui EOR mencapai 1.000 barel per hari. Adapun dana yang yang dibutuhkan tiap sumurnya mencapai Rp 300 miliar.

Lapangan Sukowati merupakan area konsesi migas milik JOB Pertamina-Petrochina East Java. Dalam hal ini, Pertamina memiliki 75 persen saham dan sisanya milik Petrochina.

Jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan di lapangan Sukowati mencapai 163 orang, yang sebagian besar di antaranya berasal dari wilayah sekitar Bojonegoro.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X