Waduk Jatigede Mulai Diairi September 2014

Kompas.com - 09/12/2013, 11:49 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menargetkan pembangunan waduk Jatigede, di Sumedang, Jawa Barat, secara teknis rampung pada April 2014. Namun, ia mengatakan, waduk baru bisa mulai diisi pada September 2014 usai permasalahan sosial di area tersebut selesai.

"Target kita 2014, target PU agar waduk tergenangi sudah jalan. Akhir tahun 2014 harus digenangi," kata Hatta usai rakor Jatigede, di Jakarta, Senin (9/12/2013).

Permasalahan sosial yang ada di area Jatigede memang belum tuntas. Setidaknya ada 4.650 kepala keluarga yang memiliki hak relokasi belum rampung diurus. Baru 700 rumah yang dibangun, dari target 2.377 rumah. Sementara itu, sekitar 6.000 KK yang tak memiliki hak relokasi juga masih bertahan di area tersebut.

Untuk ini, pemerintah belum menganggarkan pendanaan untuk mereka dalam APBN 2014. "Tim verifikasi BPKP sudah menuntaskan beberapa KK yang ada di situ yang harus mendapatkan hak-haknya. Pendanaannya sekitar Rp 700 miliar. Tapi karena APBN 2014 sudah diketok makanya kita meminta Kemenkeu mencarikan solusi seperti apa," jelas Hatta.

Hatta pun meminta Tim Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jatigede untuk menuntaskan kajian permasalahan sosial tersebut dalam satu minggu ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X