Kompas.com - 07/01/2014, 12:55 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kinerja ekspor sektor pertambangan melesat, jelang pemberlakuan UU No.4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (minerba), pada 12 Januari 2014.

Pengamat energi Marwan Batubara menyebutkan pengusaha tambang besar seperti Newmont dan Freeport memang sengaja mengenjot produksi sebelum ekspor mineral mentah dilarang.

"Kita tahu yang impor itu 60-70 persen adalah China. Ini diekspor ke China dalam rangka mengantisipasi pemberlakuan UU Minerba. Bodohnya kita, kenapa volume ekspor naik, harga justru turun, belum lagi banyak penyelundupan," kata dia di Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Artinya, lanjut Marwan, Indonesia hanya menjadi objeknya China. Negara tidak mendapatkan sebagaimana seharusnya. "Kemana saja pemerintah waktu itu, untuk mengendalikan produksi. Kalau produksi dikendalikan harga tidak turun. Tapi dengan gila-gilaan mengekspor, ini harus dihentikan," ujarnya.

Data terakhir, sepanjang Januari hingga Oktober 2013, ekspor sejumlah komoditas mineral tambang meningkat dibanding periode sama tahun sebelumnya. Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, Jumat (4/1/2014) mengatakan perusahaan tambang lebih bersemangat mengekspor mineral mentah.

Dari catatan Kementerian Perdagangan, ekspor bijih tembaga dan konsentratnya pada Januari-Oktober 2012 sebesar 918 juta kilogram, sedangkan pada periode sama 2013 naik jadi 1,03 miliar kilogram.

Ekspor bijih besi dan konsentratnya tidak diaglomerasi pada pada Januari-Oktober 2012 sebesar 8,6 miliar kilogram, sedangkan pada periode sama 2013 naik jadi 17,4 miliar kilogram. Sementara itu, ekspor bijih nikel dan konsentratnya pada Januari-Oktober 2012 sebesar 33 miliar kilogram, sedangkan pada periode sama 2013 naik jadi 47 miliar kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.