Dana Perbaikan Infrastruktur Sudah Tersedia di Kementerian

Kompas.com - 07/02/2014, 14:49 WIB
Para pengendara kendaraan bermotor berusaha menghindari jalan yang berlubang  di jalan Pantura , tepatnya di Desa Katonsari Demak, Jawa Tengah. Gambar diambil pada Senin (3/2/2014) KOMPAS.com/ARI WIDODOPara pengendara kendaraan bermotor berusaha menghindari jalan yang berlubang di jalan Pantura , tepatnya di Desa Katonsari Demak, Jawa Tengah. Gambar diambil pada Senin (3/2/2014)
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan anggaran untuk infrastruktur telah ada di masing-masing kementerian/lembaga, yang bisa digunakan memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana alam.

"Anggaran infrastruktur itu sudah ada di masing-masing K/L. Bangun jalan dan perbaikan jalan sudah ada di PU. Sementara ini pakai itu dulu. Jangan bilang mau tambah, padahal pagunya belum," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, Jumat (7/2/2014).

Lebih lanjut, Askolani mengatakan pemerintah mematok angka anggaran belanja untuk infrastruktur tahun 2014 sebesar Rp 206 triliun. Angka ini lebih besar dibandingkan angka perhitungan awal.

"Angka belanja infrastruktur untuk 2014 itu Rp 206 triliun. Angka awal Rp 188 triliun, setelah kita update dengan hasil APBN itu Rp 206 triliun," kata Askolani.

Bila dibandingkan dengan anggaran infrastruktur dalam APBN tahun 2013, Askolani mengaku memang ada tren kenaikan. Sekedar informasi, tahun lalu anggaran infrastruktur mencapai Rp 184 triliun.

"Serapannya jadi dari sisi Kementerian/Lembaga Rp 172 triliun, dari non Kementerian/Lembaga Rp 34 triliun. Dari Kementerian/Lembaga yang dominan Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian ESDM," ujar dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.