Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Konsolidatif pada Awal Pekan

Kompas.com - 17/02/2014, 07:36 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak konsolidatif setelah mampu bertahan di level 4.500 pada awal pekan ini, Senin (17/2/2014). Peluang kenaikan indeks akan berhadapan dengan tekanan ambil untung pascakenaikan pekan lalu.

Sentimen positif datang dari bursa Wall Street. Laju bursa saham AS menghijau sepanjang pekan kemarin. Hampir sama dengan bursa saham Eropa, laju bursa saham AS pun masih dapat menguat tetapi diperkirakan mulai terbatas dengan para pelaku pasar mencoba bereaksi positif jelang pidato perdana Janet Yellen sebagai Gubernur The Fed.

Seusai pidato perdana Gubernur baru The Fed, Janet Yellen, laju bursa saham AS kembali melanjutkan penguatan. Dalam pidato tersebut disampaikan penarikan stimulus tetap akan dilakukan dengan komitmen mewujudkan full employment dan menargetkan pencapaian inflasi AS hingga 2 persen.

Namun, setlah menguat selama beberapa hari, laju bursa Amerika Serikat fluktuatif cenderung melemah meski masih mencoba berathan di area positif. Selain respons atas pidato Yellen, kondisi tersebut juga merupakan imbas dari kabar positif terkait makroekonomi Eropa maupun China.

IHSG selama sepekan kemarin menguat 41,38 poin (0,93 persen), meski lebih rendah dari kinerja pekan sebelumnya yang naik 47,91 poin (1,08 persen). Semua indeks utama menghijau yang dipimpin indeks DBX (1,03 persen) dan diikuti indeks MBX (0,91 persen) dan LQ45 (0,87 persen).

Riset Trust Securities memerkirakan IHSG pekan ini akan berada pada rentang support 4.432 hingga 4.455 dan level resisten antara 4.521 hingga 4.530. IHSG membentuk pola menyerupai three white soldiers di atas middle bollinger bands.

MACD diperkirakan tetap uptrend dengan histogram positif yang memanjang. Adapun RSI, William's %R, dan Stochastic masih uptrend terbatas. Laju IHSG yang melampaui kisaran target resisten (4.476-4.489) yang karenanya diperkirakan masih akan memberikan potensi yang baik bagi IHSG bila ingin kembali melanjutkan kenaikan.

Namun, keinginan profit taking investor bisa saja menghambat potensi kenaikan lanjutan IHSG. Laju IHSG pun dikhawatirkan cenderung menguat terbatas. Diharapkan sentimen yang ada masih memberi kesempatan IHSG bertahan positif.

Sementara riset Asjaya Indosurya Securities memerkirakan rentang IHSG pada awal pekan ini di level 4.484–4.563. Konfirmasi IHSG yang menembus resistance kuat pada 4.510 benar-benar menunjukkan kekuatan IHSG untuk naik masih cukup besar dan bertambah kuat.

Dari hasil konfirmasi tersebut, menurut Asjaya, pola uptrend masih terjaga dengan baik dan target berikutnya ada pada resistance 4.611 sebagai titik konfirmasi kedua untuk pola uptrend jangka menengah IHSG.

Support saat ini menurut Asjaya masih terjaga aman pada 4.484 dan IHSG berada dalam fase akumulasi. Potensi kenaikan masih terlihat pada pergerakan IHSG menuju resistance terdekat pada level 4.563. Saham-saham pilihan adalah CMNP, DSNG, SMMT, BBNI, BBCA, UNVR, ASII, EXCL, TOTL, ADES, dan DSNG.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+