Pipa Transmisi Kalimantan-Jawa "Groundbreaking" Maret 2014

Kompas.com - 24/02/2014, 20:15 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) segera akan merealisasikan lagi pembangunan ruas transmisi gas bumi, yakni pipa Kalimantan-Jawa (Kalija) tahap pertama Kepodang-Semarang pada Maret 2014 mendatang.

"Untuk infrastruktur, ada groundbreaking Pipa Kalija I, 9 Maret 2014 ini," kata Kepala BPH Migas, Andy Noorsaman Soomeng, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, di Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Pipa Kalija I rencananya akan dibangun di area PT Indonesia Powert UBP Semarang. Andy mengatakan, proyek ini akan dilakukan oleh PT Kalija bersam PT Perusahaan Gas Negara.

PT Kalija sendiri merupakan kendaraan bisnis (special purpose vehicle/SPV)  PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR). "Investasinya Rp 1,6 triliun. Akan dibangun di dekat Muria sampai Semarang," sebut Andy.

Pipa transmisi gas bumi ini, lanjut Andy, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan PT PLN di Semarang. Sedianya, pipa transmisi gas bumi ini direncanakan bisa beroperasi Oktober 2014. Namun karena banyak kendala Andy mengatakan, kemungkinan baru bisa rampung dibangun pada pertengahan 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.