Tol Trans Jawa Rampung, Anggaran Jalur Pantura Lebih Hemat

Kompas.com - 28/03/2014, 14:01 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mempercepat pembangunan jalan tol trans Jawa guna mengurangi beban jalur Pantai Utara (Pantura). Saat ini konstruksi ruas tol Palimanan-Cikampek telah mencapai 20 persen.

Diharapkan pertengahan atau jelang akhir tahun depan, pembangunan ruas Palimanan-Cikampek sudah 100 persen rampung. "Jelas membantu mengurangi APBN untuk pemeliharaan Pantura," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Jumat (28/3/2014).

Setiap tahun pemerintah mengucurkan anggaran pemeliharaan termasuk rekonstruksi dan rehabilitasi jalur Pantura sekitar Rp 1 triliun. Jalur Pantura sendiri dirancang dengan umur atau masa pakai 10 tahun. Sayangnya, kata Hermanto, beban yang melintasi jalur sepanjang 1.300 km tersebut kian tak bisa ditoleransi.

"Kan beban utama yang buat rusak itu truk. Kenyataannya truk diizinkan 10 ton as, tapi dia angkut lebih dari 40 ton. Artinya daya rusaknya 16 kali. Kalau semuanya begitu, umurnya (pantura) tereduksi berapa lama," jelas Hermanto.

Dia menambahkan, dengan beroperasinya jalan tol trans Jawa, beban jalur Pantura berkurang 50 persen. Setelah Palimanan-Cikampek rampung konstruksi, ruas Pejagan-Malang bisa segera mulai dibangun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.