OJK Bisa Pangkas Pungutan hingga 0 Persen

Kompas.com - 03/04/2014, 20:27 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menetapkan pungutan bagi seluruh industri jasa keuangan mulai tahun ini. Namun demikian, OJK dapat melakukan penyesuaian kewajiban pembayaran pungutan sebagaimana diatur dalam PP tentang Pungutan.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto menyebut OJK dapat menyesuaikan tarif pungutan apabila perusahaan jasa keuangan mengalami kesulitan keuangan. OJK, kata dia, dapat menyesuaikan tarif pungutan hingga 0 persen.

"Penyesuaian pungutan itu kalau lembaga keuangan cash flow-nya tidak memungkinkan. Selain itu juga untuk lembaga jasa keuangan yang industrinya masih atau termasuk yang masih harus dikembangkan oleh OJK," kata Rahmat di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Tidak hanya itu, OJK juga dapat menyesuaikan besaran pungutan apabila sebagian atau seluruh industri jasa keuangan tidak mampu mempertahankan kesehatan keuangannya. Dalam kondisi ini, OJK pun dapat menyesuaikan tarif sampai dengan 0 persen.

"Selain itu, OJK juga dapat menyesuaikan tarif pungutan bila OJK memprioritaskan pengembangan industri, layanan, atau produk atau daerah tertentu. OJK dapat menyesuaikan tarif sampai 25 persen," jelas Rahmat.

Namun demikian, Rahmat menjelaskan untuk penyesuaian tarif pungutan bagi jenis-jenis kondisi lembaga jasa keuangan tersebut tidak dapat begitu saja diberlakukan. Penyesuaian besaran tarif dapat dilakukan setelah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan (Menkeu).

OJK menetapkan pungutan sebesar 0,03 persen sampai 0,06 persen dari aset dalam satu tahun. Pungutan biaya tahunan OJK tahap pertama sudah harus dibayarkan melalui Sistem Informasi Penerimaan OJK (SIPO) paling lambat tanggal 15 April 2014.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X