BTN Dicaplok Mandiri, Dahlan Iskan Janji Bunga KPR Tak Akan Naik

Kompas.com - 22/04/2014, 13:12 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan pihaknya sedang menjalankan prosedur rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) oleh PT Bank Mandiri Tbk.

Dengan aksi korporasi tersebut, Dahlan menjamin bunga kredit pemilikan rumah (KPR) tidak akan mengalami kenaikan. "(Bunga KPR) Tidak akan berubah. BTN kan perbankan perumahan, memberikan kredit yang lebih kecil daripada bank umum," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (22/4/2014).

Dahlan mengungkapkan, pihaknya akan menjalankan proses perizinan terkait akuisisi sesuai undang-undang yang berlaku. Saat ini, kata dia, proses masih berlangsung. "Teknisnya? Saya harus mengurus perizinan. Saya sebagai menteri BUMN harus memiliki program yang baik. Ini kita masih mengurus prosedurnya," ujar Dahlan.

Adapun proses akuisisi BTN oleh Bank Mandiri ditargetkan Dahlan akan rampung dalam waktu beberapa bulan ke depan. Namun, ia berharap proses ini dapat selesai dalam waktu 3 bulan ke depan.

"Proses akuisisi ini ada yang 3 bulan dan ada yang 10 bulan. Saya berharap tiga bulan selesai," jelasnya.

Rencana akusisi BTN oleh Bank Mandiri menuai banyak pro dan kontra. Serikat Pekerja (SP) BTN menolak rencana akusisi tersebut karena dinilai tidak memiliki tujuan yang jelas. Akan tetapi, Dahlan mengaku bersikukuh agar proses tersebut dapat berjalan.

"Biarpun ada beberapa pihak yang menentang ide akuisisi BTN oleh Bank Mandiri, saya tidak akan mundur (dengan rencana tersebut)," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.