Angkut Motor Pemudik, Kemenhub Gelontorkan Rp 24 Miliar

Kompas.com - 09/05/2014, 17:35 WIB
Ilustrasi: Pemudik bersantai di geladak helikopter KRI Banda Aceh 593, beberapa waktu lalu. Mereka memanfaatkan layanan mudik gratis dengan KRI Banda Aceh dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, karena lebih aman dan hemat biaya. KOMPAS/Erwhin Edhi PrasetyaIlustrasi: Pemudik bersantai di geladak helikopter KRI Banda Aceh 593, beberapa waktu lalu. Mereka memanfaatkan layanan mudik gratis dengan KRI Banda Aceh dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, karena lebih aman dan hemat biaya.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan menganggarkan Rp 24 miliar untuk membantu pemudik mengangkut kendaraan roda dua lewat jalur laut dalam rangka mudik Lebaran 2014.

Anggaran tersebut naik Rp 16 miliar dari anggaran mudik lebaran tahun 2013 yang hanya Rp 8 miliar. Menurut Harry Boediarto, Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, kenaikan anggaran tersebut karena dinilai mampu menekan kecelakaan kendaraan roda dua saat mudik.

"Program subsidi angkutan motor lewat jalur laut ini di anggap berhasil oleh DPR, makanya anggaran di naikan jadi Rp24 miliar," ujar Harry Boediarto, Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (9/5/2014).

Harry menjelaskan, Kemenhub akan menyediakan dua trayek untuk mengangkut kendaraan roda dua pada musim mudik tahun 2014. Trayek tersebut meliputi Jakarta-Semarang dan Jakarta-Lampung.

"Trayek ada 2, Jakarta-Semarang dan Jakarta-Lampung, anggaran 24 miliar untk lebaran. Tender sedang dimulai sekarang," katanya.

Untuk mengangkut kendaraan roda dua di trayek itu, rencananya Kemenhub akan mengoprasikan tiga kapal.

Angkutan laut untuk mengangkut kendaraan roda dua tersebut merupakan alternatif dari moda transportasi darat seperti kereta api. "Yang beroperasi tiga kapal untuk angkutan motor. Kalau tergantung sama darat, orang lupa sama laut. Lewat laut ini merupakan alternatif dari jalur angkutan darat," tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X