Kompas.com - 12/05/2014, 08:48 WIB
Walikota Madiun Irianto (kiri) dan Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro saat meresmikan SMK Gula Rajawali Madiun dok RNIWalikota Madiun Irianto (kiri) dan Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro saat meresmikan SMK Gula Rajawali Madiun
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berbasis pada Industri Gula di Madiun Jawa Timur. Pendirian sekolah itu didasari oleh upaya menaikkan kualitas profesional di bidang industri gula nasional.

Direktur Utama PT RNI Ismed Hasan Putro mengatakan sekolah yang didirikan itu memberikan kontribusi terhadap kebutuhan profesional di bidang tata kelola industri gula. Disamping itu, sekolah ini dibentuk untuk mengantisipasi persaingan pasar bebas para produsen gula serta mengantisipasi kekurangan sumber daya manusia (SDM) pabrik gula di lingkungan RNI Grup karena mendekati purna tugas.

"SMK milik PT RNI memiliki kegiatan yang berkesinambungan. Untuk pagi, para siswa akan belajar di kelas. Sementara siang hari akan mengikuti praktek di pabrik gula dan pada malam hari, para siswa diberikan bekal keagamaan sehingga memiliki bekal yang kuat," ujar Ismed dalam keterangan resminya, Senin (12/5/2014).

Untuk tahap awal SMK Gula Rajawali Madiun membuka kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan, teknik pemeliharaan mekanik industri, kimia industri dan kedepan akan menambah program politeknik.

SMK Gula Rajawali juga dijadwalkan membuka pendaftaran dengan tiga jalur yakni, jalur prestasi, jalur PMDK dan jalur umum. Terkait dengan biaya, untuk jalur prestasi bebas dari biaya pendaftaran, sementara untuk uang partisipasi sebesar Rp 250.000.

Kedepan para lulusan SMK Gula Rajawali Madiun tersebut langsung bisa bekerja di pabrik gula di lingkungan RNI Grup, dan saat ini RNI masih melakukan penjajakan dengan beberapa pabrik gula lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X