Kompas.com - 29/05/2014, 10:43 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusatenggara sepakat untuk patungan membuat satu smelter. Smelter tersebut bakal mengolah konsentrat mentah yang dihasilkan dari produksi ke dua perusahan tambang itu.

"Hari ini (Rabu-red), Newont menyampaikan laporan kepada kita bahwa sudah ada kerjasama dengan Freeport untuk membangun smelter bersama, jadi ini hanya satu smelter," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung (CT) dalam keterangan resminya setelah rapat dengan Menteri terkait dan perwakilan Freeport serta Newmont di Kantor Kemenko, Jakarta, Rabu malam (28/5/2014).

CT menjelaskan, sebagai jaminan, Freeport menyerahkan 115 juta dollar AS, sementara Newmont 25 juta dollar AS.

"Ini memang ada perbedaan dengan Freeport yaitu 115 juta dollar AS karena berbeda produksinya. Namun masih ada perundingan yang harus diselesaikan dengan Pemerintah, jadi minggu depan sudah bisa diselesaikan (perundingan tersebut)," katanya.

Kesepakan pembangun smelter patungan tersebut menurut CT karena melihat adanya sisa kapasitas produksi smelter yang bisa dipakai oleh Newmont.

Dengan demikin, Freeport dan Newmont menurut CT, sudah mau memberikan jaminan pembuatan smelter. "Smelter hanya satu untuk Newmont dan Freeport, karena ada kapasitas sisa di smelter itu. Keduanya sudah mau memberikan jaminan akan buat smelter," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah mewajibkan Freeport dan Newmont untuk membuat smelter. Kewajiban tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Minerba yang mewajibkan perusahan tambang meningkatkan nilai tambah hasil produksinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.