Timses Jokowi-JK: Ekonomi Kreatif Dapat Sumbang Rp 318 Triliun

Kompas.com - 18/06/2014, 20:56 WIB
Ilustrasi: membatik KOMPAS/AGUS SUSANTOIlustrasi: membatik
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menghitung bahwa ekonomi kreatif dapat menyumbang Rp 318 triliun terhadap perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, pasangan ini akan menggenjot sektor ekonomi kreatif. "Jokowi-JK sangat menyadari potensi ekonomi berbasis kreatif dan inovasi karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Ekonomi kreatif dan inovasi tidak terjebak dalam perangkap modal yang menjadi faktor utama dalam perekonomian berbasis teknologi tinggi," kata anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-JK Budiman Sudjatmiko dalam keterangan pers Rabu (18/6/2014).

Selain kekayaan budaya, modal ekonomi kreatif dan inovasi Indonesia lainnya adalah jumlah penduduk. Dua modal tersebut sebenarnya sangat menjanjikan untuk pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.

"Tetapi jumlah penduduk yang besar belum menjadi diversifikasi produk. Jika Indonesia bisa menaikkan dua kali saja diversifikasi produk maka akan berkontrobusi pada perekonomian nasional hingga Rp 318 triliun," ujar Budiman.

Jokowi-JK berjanji akan memberikan perlindungan penuh bagi karya kreatif dan inovasi. Tiga sumber hukum yang ada sekarang dinilai tidak memberikan keuntungan bagi negara dan bangsa.

Adapun tiga sumber hukum itu adalah HaKI (hak kekayaan intelektual) melindungi kepentingan individu dan perusahaan, WIPO (world intellectual property organization) melindungi hak suku tertentu dan GPL (general public license) melindungi karya kebudayaan sebagai milik seluruh umat manusia.

"Jokowi-JK akan membentuk biro desain nasional memperjuangkan agar negara dan bangsa mendapat keuntungan ekonomi dari karya kreatif dan inovasi," jelas Budiman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.