Kompas.com - 03/07/2014, 18:55 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi VII DPR RI, Satya Wira Yudha menegaskan, pemerintah harus terus mempertahankan amanat Undang-undang No.4 tahun 2009. Dia menilai PT Newmont Nusa Tenggara gegabah tidak memanfaatkan masa waktu negosiasi dan memilih menggugat lewat arbitrase.

“Pemerintah yang lagi ngosiasi kok, belum sampai selesai mereka langsung arbitrase. Berarti apa? Masalah yang muncul akibat dari mereka kan,” kata dia ditemui di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (3/7/2014).

“Sebagai Komisi VII, saya mengatakan pemerintah tetap jalan, mengakkan UU minerba,” lanjutnya.

Menurut Satya, jika Newmont mau mematuhi UU Minerba pun, di dalamnya disebutkan aturan tambahan peralihan. “Aturannya, terhadap kontrak yang sedang berlangsung disuruh melakukan negosiasi. Ada kurun waktu tiga tahun,” imbuhnya.

Politisi Partai Golkar itu menuturkan, Newmont bisa sepakat atau tidak sepakat dengan negosiasi itu. Jika Newmont tidak sepakat dengan amanat UU Minerba, maka pemerintah Indonesia bisa balik melayangkan gugatan ke arbitrase.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.