Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Melimpah, Mendag Yakin Harga Daging Sapi Turun

Kompas.com - 04/07/2014, 14:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi optimistis harga daging sapi akan turun karena pasokan daging sapi melimpah. Akan tetapi, penurunan harga tersebut baru akan terjadi setelah hari raya Idul Fitri.

"Pasti turun kok, tapi setelah Lebaran. Karena supply-nya melimpah," kata Lutfi di Kantor Pusat Bank Indonesia (BI), Jumat (4/7/2014).

Lebih lanjut, Lutfi menjelaskan saat ini harga daging sapi karkas sudah Rp 34.000 per kg. Sehingga, dengan formula yang ada, seharusnya harga daging sapi di pasaran dapat mencapai Rp 88.000 per kg.

Adapun kenaikan harga yang terjadi saat ini menurutnya lantaran peningkatan permintaan pada bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Selain itu, ada pula pihak yang mencoba mengambil keuntungan.

"Sekarang kan di atas Rp 95.000, itu karena orang mau ambil untung Boleh saja, tapi supply-nya melimpah, dan trennya pasti menurun. Jadi orang mau coba untuk mencari peruntungan, ya boleh sampai 10 persen," ujar Lutfi.

Menanggapi data BPS yang memprediksi harga daging sapi dapat melambung hingga Rp 97.000 sampai Rp 100.000 per kg, Lutfi mengaku dirinya tidak merasa takut. Sebab, dengan pasokan yang melimpah, harga dipastikan akan turun.

"Saya enggak takut, karena supply-nya melimpah. Artinya tren itu menurun," jelas Lutfi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com