Pasokan Melimpah, Mendag Yakin Harga Daging Sapi Turun

Kompas.com - 04/07/2014, 14:28 WIB
Aktivitas jual beli daging sapi di Pasar Klender, Jakarta Timur. Nadia ZahraAktivitas jual beli daging sapi di Pasar Klender, Jakarta Timur.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi optimistis harga daging sapi akan turun karena pasokan daging sapi melimpah. Akan tetapi, penurunan harga tersebut baru akan terjadi setelah hari raya Idul Fitri.

"Pasti turun kok, tapi setelah Lebaran. Karena supply-nya melimpah," kata Lutfi di Kantor Pusat Bank Indonesia (BI), Jumat (4/7/2014).

Lebih lanjut, Lutfi menjelaskan saat ini harga daging sapi karkas sudah Rp 34.000 per kg. Sehingga, dengan formula yang ada, seharusnya harga daging sapi di pasaran dapat mencapai Rp 88.000 per kg.

Adapun kenaikan harga yang terjadi saat ini menurutnya lantaran peningkatan permintaan pada bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Selain itu, ada pula pihak yang mencoba mengambil keuntungan.

"Sekarang kan di atas Rp 95.000, itu karena orang mau ambil untung Boleh saja, tapi supply-nya melimpah, dan trennya pasti menurun. Jadi orang mau coba untuk mencari peruntungan, ya boleh sampai 10 persen," ujar Lutfi.

Menanggapi data BPS yang memprediksi harga daging sapi dapat melambung hingga Rp 97.000 sampai Rp 100.000 per kg, Lutfi mengaku dirinya tidak merasa takut. Sebab, dengan pasokan yang melimpah, harga dipastikan akan turun.

"Saya enggak takut, karena supply-nya melimpah. Artinya tren itu menurun," jelas Lutfi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X