Suswono Dukung Perampingan Kabinet Jokowi, asal...

Kompas.com - 16/08/2014, 20:21 WIB
Menteri Pertanian Suswono KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Pertanian Suswono
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Menteri Pertanian (Mentan) Suswono memberikan komentarnya mengenai rencana perampingan kabinet dengan melakukan penggabungan beberapa kementerian oleh tim transisi Jokowi-JK. Menurut dia, selama itu untuk efisiensi, dia pun mendukung rencana perampingan kabinet tersebut.

"Intinya begini, kalau perampingan dalam rangka untuk efisiensi, saya kira saya dukung, yang penting fungsi tetap berjalan dengan baik. Sepanjang itu, saya mendukung secara positif," ujar Suswono setelah konferensi pers RAPBN 2015 di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat malam (15/8/2014).

Saat ditanya lebih lanjut mengenai penggabungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Kementerian Pertanian, Suswono mengatakan, jika KKP digabung dengan Kementan, itu sama artinya dengan mengembalikan KKP ke asalnya. Pasalnya, kata dia, ketika masa pemerintahan Presiden Soeharto, KKP memang menjadi bagian dari Kementan.

"Cuma kan kenapa dipisah karena kita punya potensi di kelautan yang luar biasa, makanya laut kalau digunakan dengan baik membutuhkan perhatian yang khusus. Ya itu tadi apakah memang kita akan fokus di kelautannya begitu. Dulu, budi daya kelautan di pertanian, baru muncul KKP kan tahun Gus Dur," kata Suswono.

Kalau memang nantinya digabung, Suswono mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Namun, sebut dia, diperlukan koordinasi yang baik di antara dua kementerian tersebut sehingga nantinya tidak terjadi gesekan-gesekan yang malah membuat kedua bidang tersebut menjadi tidak optimal.


Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X