Kompas.com - 25/08/2014, 10:37 WIB
Ilustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak. KOMPAS/WISNU WIDIANTOROIlustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menandatangani perjanjian kerjasama pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Dengan kerjasama ini, KSEI dapat menggunakan data kependudukan dan KTP elektronik milik Ditjen Dukcapil. Dukcapil digunakan sebagai acuan pengadministrasian basis data investor pasar modal yang lebih baik. Basis data investor digunakan dalam pengembangan Single Investor Identification (SID).

"Kerjasama ini merupakan langkah dan strategi penting terkait pengembangan infrastruktur pasar modal Indonesia yang konsisten dilakukan KSEI guna mendukung perkembangan pasar modal Indonesia yang teratur, wajar, dan efisien," kata Direktur Utama KSEI Heri Sunaryadi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Senin (25/8/2014).

Menurut Heri, basis data investor yang akurat dan terkinikan adalah hal penting dan menjadi kunci berhasilnya pembentukan SID. Data tersebut diperlukan sebagai acuan bagi regulator dan pelaku industri pasar modal.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) M Noor Rachman mengungkapkan regulator menyambut baik kerjasama tersebut.

"Dengan kerjasama antara KSEI dan Ditjen Dukcapil diharapkan data investor pasar modal di Indonesia menjadi lebih lengkap dan akurat, serta penelusuran perubahan data investor dapat lebih mudah dilakukan dan selalu terkinikan," ujar Noor Rachman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.