Diusulkan, Pulau Karantina untuk Sapi Impor Penyakitan

Kompas.com - 03/10/2014, 15:03 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia sampai saat ini masih membutuhkan pasokan impor sapi untk memenuhi kebutuhan daging dalam negeri. Namun, sapi-sapi impor yang didatangkan tersebut tak jarang malah memiliki penyakit.

Untuk itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengusulkan agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian perlu membuat pulau karantina untuk sapi-sapi impor tersebut.

“Kami sudah mengusulkan agar menggunakan pulau karantina,” kata Bayu di kantor kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Pulau karantina tersebut, menurut Bayu, akan sangat berguna untuk mengetahui apakah memang sapi-sapi yang diimpor berpenyakit atau tidak. Oleh karena itu, salah satu syarat pulau yang dijadikan karantina harus benar-benar jauh dari akses masyarakat.

Namun saat ditanya syarat-syarat lain mengenai pulau karantina tersebut, Bayu mengaku tidak terlalu mengerti pasalnya dia mengatakan bawa dia bukan ahli masalah tersebut. Meskipun begitu, ada satu hal yang wajib dimiliki pulai tersebut yaitu tersedianya dermaga yang mampu menjadi pintu masuk bersadarnya kapal-kapal pengangkut sapi impor.

“Saya bukan ahlinya, tetapi harus tidak ada orang dan tentu harus ada pelabuhan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.