Kompas.com - 27/10/2014, 16:00 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
— Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, dirinya akan mengelola ESDM secara transparan dan akuntabel.

"Ini kunci pembangunan kementerian di era modern. Dengan menghadirkan dua hal tersebut kementerian akan hadir secara langsung di masyarakat. Di situ kementerian akan menemukan relevansinya untuk kepentingan orang banyak,” ujar Sudirman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (26/10/2014).

Sudirman menyebutkan, kepercayaan publik pada Kementerian ESDM adalah sebuah hal penting yang harus terus dibangun. "Pembangunan kepercayaan publik ini akan saya hadirkan melalui pengelolaan yang profesional dan transparan,” tambah Direktur Utama Pindad ini.

Mantan bos Petrosea ini mengungkapkan, ia siap menjalani penunjukan Presiden Jokowi tersebut. "Saya menyadari sepenuhnya ini bukan tugas ringan. Kita harus bersiap menghadapi krisis energi,” ucap Sudirman

Ia juga menekankan pentingnya untuk memulai pekerjaan dengan suasana yang baik. “Saya ingin semua pihak dapat bekerja bersama-sama untuk menciptakan kepercayaan publik pada Kementerian ESDM,” ujarnya.

Sudirman sebelumnya dikenal sebagai pegiat antikorupsi sejak dekade 90-an. Ia mengawali langkah gerakan antirasuah dengan mendirikan Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI).
Kini, pegiat antikorupsi itu ditunjuk oleh Jokowi sebagai menteri yang akan mengurus energi di negeri ini.

Baca juga: Ditunggu, Aksi Nyata Menteri ESDM Berlatar Pertamina untuk Berantas Mafia Migas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.