Kompas.com - 29/10/2014, 19:30 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian Sofyan Djalil memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mencukupi hingga Desember tahun ini. Menurut Sofyan, pemerintah telah menyiapkan langkah antisipatif mengatasi terjadinya kelangkaan BBM bersubsidi.

"Tadi BPH Migas hadir di sana, bicarakan dan laporkan telah diantisipasi apa yang akan dilakukan pemerintah sehingga tidak ada kelangkaan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Sofyan di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (29/10/2014) seusai mengikuti rapat kabinet terbatas dengan Wakil Presiden.

Dalam rapat tersebut dibahas masalah-masalah terkait perkonomian, termasuk yang berkaitan dengan kuota BBM bersubsidi. Menurut Sofyan, pemerintah segera mengambil kebijakan dalam mengantisipasi kelangkaan BBM akhir tahun. Ia berpendapat, kebijakan pengendalian BBM bersubsidi bukan solusi yang tepat.

"Itu tidak akan berhasil karena kemarin waktu dikendalikan terjadi orang antre begitu. Oleh sebab itu pengendalian begitu tidak akan berhasil," kata Sofyan. Sofyan juga memastikan tidak ada penambahan kuota BBM bersubsidi.

Sebelumnya, Pertamina memprediksi jatah BBM bersubsidi yang ditetapkan sebanyak 46 juta kilo liter akan habis sebelum akhir tahun. Solar diperkirakan habis 6 Desember, sementara Premium ludes 27 Desember.

Guna menjaga agar kuota BBM bersubsidi tidak habis hingga akhir 2014, Pertamina melakukan pengendalian dengan memangkas pengiriman BBM bersubsidi di SPBU. Namun, hal tersebut tidak dilakukan lagi seiring permintaan pemerintah yang mencabut kebijakan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.