Saham Emiten Pelayaran Milik Tomi Soeharto Kembali Diperdagangkan

Kompas.com - 01/12/2014, 14:30 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya membuka suspensi panjang saham PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS).

Arif M Prawiranata, Kepala Divisi Penilaian Perusahaan Non Group BEI, mengatakan, suspensi dibuka setelah mempertimbangkan keterbukaan informasi yang disampaikan HITS telah memadai.

Oleh karena itu, otoritas pasar saham ini mencabut penghentian sementara perdagangan efek HITS di pasar reguler dan pasar tunai mulai hari ini, Senin (1/12/2014).

"Dalam mewujudkan kewajaran pembentukan harga, pelaksanaan perdagangan HITS di pasar reguler dilaksanakan melalui sesi pra-pembukaan," jelas Arif dalam pernyataan resminya.

Harga HITS meloncat begitu perdagangan dibuka. Sampai pukul 09.43 WIB, saham menguat 24,78 persen ke rekor Rp 418 per saham, dari posisi perdagangan terakhir 21 Mei 2013.

Humpuss Intermoda Transportasi merupakan perusahaan pelayaran milik Tomi Soeharto. Perusahaan ini sempat mengalami kesulitan keuangan dan tidak mampu membayar utang.

Satu perusahaan yang terafiliasi dengan Humpuss Intermoda, yakni Humpuss Sea Transport Pte Ltd, dinyatakan pailit di Singapura. Keputusan pailit ini sudah di jatuhkan oleh Pengadilan Tinggi Singapura pada 20 Januari 2012 lalu.

Menurut manajemen saat itu, Humpuss dinyatakan pailit setelah Pengadilan Tinggi Singapura mengabulkan permohonan gugatan kepailitan yang diajukan oleh Lisen International Limited melalui kuasa hukumnya, TSMP Law Corporation. (Amailia Putri Hasniawati)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Kontan
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X