Kompas.com - 24/01/2015, 16:17 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA,KOMPAS.com - Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI), Gatot Mudiantoro Suwondo menyarankan kepada para nasabah untuk meminjam uang secara bijak.

"Meminjam duit ini wisely lah, pinjamlah sesuai kebutuhan. Dalam menjalani hidup ini bertahap, jangan maunya langsung loncat," kata Gatot di Kantornya, Jakarta, Sabtu (24/1/2015).

Ia menambahkan, nasabah maksimal memiliki kewajiban membayar tidak lebih dari 45 persen pendapatan mereka.  "Kewajiban bayar jangan lebih dari 45 persen income. Jika lebih itu akan jadi masalah sehari-hari. Harus tahu beli tv untuk apa, jangan karena tetangga beli tv kita harus beli juga," kata Gatot.

Selain itu ia mengatakan, untuk mengurangi ketidakpastian di masa depan, masyarakat seharusnya sejak muda perlu membuat rencana keuangannya.  

"Kebanyakan orang kita ini pensiun bingung, itu karena tidak di plan dari awal.Kenapa orang barat pensiun itu happy, itu karena sudah di-plan dari awal," jelas Gatot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.