Menteri Jonan Dukung Pemusnahan Pesawat Rongsokan di Bandara Soetta

Kompas.com - 19/06/2015, 09:18 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mendukung pemusnahan pesawat yang sudah tak beroperasi namun terparkir di area rumput dan lokasi night stop appron (NSA) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Jonan mengaku sudah meminta Dirut Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi untuk menyingkirkan pesawat yang disebut Jonan sebagai rongsokan itu. "Saya sudah kasih tahu kepada Dirut Angkasa Pura II kalau bisa sebelum Lebaran sudah selesai. Ngapain itu (pesawat rongsokan) diparkir disitu?," ujar Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Menurut Jonan, tidak ada satupun bandara di dunia yang membiarkan pesawat yang sudah tak beroperasi parkir di apron bandaranya. Bisanya, pesawat-pesawat yang sudah tak beroperasi ditempatkan disatu tempat yang biasa dikenal dengan nama kuburan pesawat.

Sementara saat ditanya apakah Kementerian Perhubungan berminat untuk membuat tempat kuburan pesawat rongsokan itu, Jonan menjawab tidak.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II akan menindaklanjuti keberadaan sejumlah pesawat mangkrak yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam waktu dekat, sebanyak 10 pesawat milik Batavia Airlines yang termasuk dalam kategori pesawat mangkrak itu akan dimusnahkan. "Batavia Airlines sudah setuju 10 pesawatnya dimusnahkan setelah sebelumnya kita tanyakan terkait keberadaan pesawatnya di area bandara," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi saat dihubungi, Selasa (16/6/2015).

Menurut data yang diterima Budi, masih ada puluhan pesawat mangkrak lainnya di Bandara Soekarno-Hatta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X