Sumbang 51 Persen PDB, Sektor Jasa Masih Dianggap Sebelah Mata

Kompas.com - 20/10/2015, 17:18 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Services Dialog (ISD) menyampaikan empat rekomendasi kepada pemerintah terkait sektor jasa.

Keempat rekomendasi itu, yakni, pentingnya pemerintah menunjukkan political will dalam mengembangkan sektor jasa di Indonesia, penguatan koordinasi dan percepatan implementasi, meninjau ulang Daftar Negatif Investasi (DNI), dan depolitisasi penentuan upah minimum regional.

“Sektor jasa seringkali dianggap sebelah mata. Padahal kontribusi sektor jasa mencapai 51 persen dari PDB dan 43 persen dari total lapangan kerja di Indonesia. Namun sampai sekarang sektor jasa belum secara khusus dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN),” kata Chris Kanter, Ketua Dewan Pendiri/Pembina ISD dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Selasa (20/10/2015).

Dia menjelaskan, ISD menyelenggarakan forum resmi untuk menyampaikan rekomendasi tersebut kepada kementerian, lembaga, dan para regulator sebagai pemrakarsa kebijakan sektor jasa.

Forum tersebut menampung masukan dari sektor swasta penyedia dan pengguna jasa, pejabat tinggi pemerintahan, institusi penelitian, lembaga donor dan para ahli di bidang Jasa Logistik, Jasa Distribusi, Jasa Energi, dan Jasa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) & e-Commerce. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif ISD Sinta Sirait menambahkan, masukan dari sektor jasa lainnya akan dibahas dalam seri dialog berikutnya.

Hal itu penting dilakukan karena sektor jasa perlu dilihat secara saling keterkaitan (inter-connectedness or inter-linkages), baik antar sektor jasa maupun antara sektor jasa dengan sektor lainnya seperti manufacturing, sumber daya dll.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini semua kami lakukan untuk mendorong pertumbuhan dan efisiensi di sektor jasa Indonesia,” ujar Sinta.

Ia  mengatakan, rekomendasi kepada pemerintah tahun 2015 ini adalah yang pertama dilakukan ISD.

Forum dialog tersebut juga menyampaikan rekomendasi tertulisnya kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI terkait dengan Paket Deregulasi Kebijakan Tahap I sampai Tahap IV, berdasarkan hal-hal praktis yang dihadapi oleh sektor jasa swasta dalam operasional bisnis sehari-hari.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.