Aturan Impor Dilonggarkan, Rachmat Gobel Kritik Mendag Thomas Lembong

Kompas.com - 15/11/2015, 10:10 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Rachmat Gobel mengkritik langkah Menteri Perdagangan Thomas Lembong yang menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 87 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Produk Tertentu.

Rahmat Gobel adalah mantan menteri perdagangan Kabinet Kerja Jokowi sebelum terkena resuffle pada Agustus lalu.

Menurut dia, Permendag 87/2015 telah membuat para pengusaha dalam negeri khawatir. Pasalnya, aturan itu dinilai memberikan kesempatan besar bagi para importir mendatang barang-barang impor dengan mudah ke Indonesia.

"Mereka (pengusaha) melihat aturan ini lebih memberikan kemudahan bagi importir," ujar Rachmat, di Jakarta, Sabtu (14/11/2015).

Dia menjelaskan, Permandag yang dikeluarkan penerusnya itu membiarkan para importir umum untuk melakukan impor dengan mudah. Padahal importir umum di Indonesia banyak yang tak jelas.

"Importir umum ini sekarang ada, besok tidak ada, besok lagi ada. Kalau ada apa-apa terhadap barang yang diimpor ada masalah di pasar yang jadi tanggung jawab itu siapa?," kata dia.

Selain sering timbul-tenggelam, Rachmat menyebut beberapa importir umum juga tak memiliki alamat kantor yang jelas.

Hal inilah yang menurutnya akan membuat pemerintah kesulitan mencari siapa importir yang bertanggungjawab apabila ada barang impor bermasalah. Seharusnya, kata dia, pemerintah memperketat aturan impor bukan justru mempermudahnya.

Rachmat yakin, dengan pelonggaran aturan impor maka pasar Indonesia akan semakin dibanjiri produk-produk impor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.