Uang Elektronik yang Beredar di RI Tembus 43 Juta Kartu

Kompas.com - 19/11/2015, 13:14 WIB
Seorang calon penumpang melintas di depan gerbong kereta rel listrik (KRL) commuter line berlogo kartu Mandiri e-money di Stasiun Kereta Api Tanah Abang. Bank Mandiri menyasar realisasi kebijakan pemerintah perluasan pembayaran non-tunai. 
Josephus PrimusSeorang calon penumpang melintas di depan gerbong kereta rel listrik (KRL) commuter line berlogo kartu Mandiri e-money di Stasiun Kereta Api Tanah Abang. Bank Mandiri menyasar realisasi kebijakan pemerintah perluasan pembayaran non-tunai.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan, pada bulan Oktober 2015 terdapat 9 bank yang bertindak sebagai penerbit uang elektronik dan 11 penerbit nonbank.

Transaksi dengan uang elektronik pun mencatat capaian yang cukup besar. Hal itu menunjukkan kecenderungan masyarakat yang mulai menggunakan uang elektronik dalam transaksi keuangan.

"Saat ini, jumlah uang elektronik yang telah beredar mencapai lebih dari 43 juta instrumen, dengan volume transaksi sebanyak kurang lebih 450 juta transaksi dan nilai nominal sebesar kurang lebih Rp 4,3 triliun," demikian laporan BI yang dirilis Kamis (19/11/2015).

Bank sentral menganggap capaian tersebut menunjukkan bahwa uang elektronik mulai digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Penggunaan uang elektronik dalam aktivitas sehari-hari banyak digunakan untuk transaksi yang nilainya relatif kecil seperti biaya parkir, pembayaran tol dan transportasi.

Guna semakin mengenal sistem pembayaran nontunai sekaligus mencintai mata uang rupiah, BI menyelenggarakan Festival “Cinta Nontunai, Cinta Rupiah”, di FX Sudirman, Jakarta pada 19 sampai 21 November 2015.

BI menggandeng perbankan, kegiatan usaha penukaran valuta asing dan perusahaan pengembang inovasi jasa sistem pembayaran untuk bersama-sama memberi edukasi kepada masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kegiatan ini bertujuan mendorong masyarakat untuk menggunakan alat pembayaran nontunai, khususnya uang elektronik.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X