Dua Negara Amerika Latin Siap Berinvestasi di Sumba, NTT

Kompas.com - 04/12/2015, 19:24 WIB
Ilustrasi investasi www.shutterstock.comIlustrasi investasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
WAINGAPU, KOMPAS.com - Dua negara amerika Latin, masing-masing Argentina dan Peru siap berinvestasi di empat Kabupaten di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Duta Besar Argentina, Ricardo Luis Bacalandro, Jumat (4/12/2015) mengatakan, akan melakukan kerja sama di bidang perkebunan, peternakan, dan pariwisata.

Menurut Ricardo, Pulau sumba memiliki sejumlah potensi yang sangat menjanjikan untuk dilakukan investasi seperti pariwisata, perkebunan dan budaya.

Perkebunan seperti mete kata Ricardo, akan diekspor ke Argentina, sedangkan untuk kerja sama di bidang lainnya seperti pariwisata akan ditindaklanjuti melalui Kementerian Luar Negeri RI.

Sementara itu, Atase Perdagangan Peru, Juan Carlos Valdivia Pemerintah Peru akan melakukan kerja sama di bidang pendidikan dan pariwisata.

"Untuk kerjasama dengan empat Kabupaten di Pulau Sumba, akan dimulai dari investasi pariwisata. Sedangkan, di bidang lainnya setelah ada hasil koordinasi dengan Presiden Peru. Hal itu dilakukan karena banyak budaya Sumba NTT sama dengan budaya Peru, " kata Carlos.

Untuk empat Kabupaten di NTT, yakni Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur, Carlos berjanji akan bekerja sama di bidang pariwisata, pertanian, peternakan, serta kelistrikan.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) NTT, Semuel Rebo mengatakan, road show itu sebagai sarana promosi potensi dan peluang investasi yang ada di NTT, khususnya empat kabupaten di Pulau Sumba.

Pada dasarnya, kata Semuel, Pemerintah Provinsi NTT terus mendorong dan merangsang masuknya investasi.

Sekaligus, pengembangan serta peningkatan volume perdagangan produk-produk unggulan daerah yang ada di kabupaten dan kota di NTT.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X