Pesawat Lion Air A330-300 Sempat "Tak Berani" Belok di Landasan Pacu Bandara Syamsuddin Noor

Kompas.com - 15/12/2015, 13:32 WIB
- -
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Lion Air JT 116 jenis Airbus 330-300 rute Banjarmasin – Batam – Madinah dilaporkan sempat tak bisa berbelok di ujung runway Bandara Banjarmasin sesaat sebelum take off, Selasa (15/12/2015) pagi.

Pihak Lion Air membenarkan kejadian tersebut. Menurut Direktur Umum Lion Air Edward Sirait, Pilot in Command (PIC) merasa kurang aman untuk melakukan putaran 180 derajat dari taxiway ke runway.

Lantaran alasan keselamatan dan Keamanan, pilot ahirnya memutuskan memberhentikan pesawat. Kondisi runway menurut Edward dalam keadaan basah karena hujan.

“PIC kemudian meminta ATC untuk mengirim personel dan traktor penarik pesawat untuk melakukan pengecekan dan setelah dilakukan pengecekan, petugas darat menarik dan memposisikan pesawat untuk siap take off,” ujar Edward dalam penjelasan resminya.

Pesawat Lion Air JT 116 memiliki kode registrasi PK-LEF dan mengangkut sebanyak 427 penumpang yang akan melakukan ibadah umrah.

Saat ini kata dia, pesawat tersebut sudah take off menuju Madinah. “Tidak ada masalah dengan pesawat tersebut dan pesawat dijadwalkan untuk take off pukul 8.45 WITA dan take off 9.15 WITA”, kata Edward.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X