Dukung Ketahanan Pangan, Aceh Kembangkan Padi 3S dari IPB

Kompas.com - 10/01/2016, 20:26 WIB
Ilustrasi: Petani tengah memeriksa tanaman padi mereka yang siap dipanen. KOMPAS.com/HENDRIK YANTO HALAWAIlustrasi: Petani tengah memeriksa tanaman padi mereka yang siap dipanen.
|
EditorErlangga Djumena
LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Universitas Malikussaleh (Unimal) bekerjasama dengan Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Aceh Utara mengembangkan varietas padi 3S Institute Pertanian Bogor (IPB) di Desa Pulo U, Kecamatan Sawang, Aceh Utara.

Rektor Unimal Prof Dr Apridar menyebutkan, pada tahap awal ini, BPP, IPB, dan Unimal sepakat melakukan pengembangan bibit 3S milik IPB di lahan seluas 14 hektar di Kecamatan Sawang.

“Kerjasama ini sebagai wujud tekad kita bersama untuk memperbanyak bibit padi berkualitas baik di Aceh. Bukan hanya bibit, termasuk pola tanam kita yang perlu dibenahi misalnya menggunakan sistem SRI (system of rice intensification) yang bermanfaat untuk rakyat,” sebut Prof Apridar, Minggu (10/1/2016).

Pola tanam itu terus dikembangkan sehingga hasil padi semakin maksimal. Program ini, sambung Prof Apridar dalam jangka panjang guna mendukung program ketahanan pangan yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo dua tahun mendatang.

“Perubahan pola tanam, bibit yang baik akan membantu untuk mencapai target swasembada pangan nasional 2017 mendatang,” terang Prof Apridar.

Selain itu, sambung Prof Apridar, pihaknya bekerjasama dengan PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) untuk mendongkrak produksi padi rakyat.

“Kita ingin, selama ini hasil panen padi itu hanya sekitar lima ton per hektare, ke depan bisa meningkat tujuh atau delapan ton per hektar,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BPP Aceh Utara Syafruddin mengatakan,  pihaknya terus bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan produksi padi di Aceh Utara.

“Mahasiswa dan lulusan Fakultas Pertanian Unimal kita ajak untuk sama-sama mendongkrak hasil panen petani,” pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.