Kompas.com - 16/01/2016, 07:17 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menjelaskan, bank sentral terus memantau berbagai perkembangan terkini kondisi perekonomian global, salah satunya adalah kondisi perekonomian di China.

Perlambatan ekonomi di negara tersebut dapat memberikan dampak bagi negara-negara berkembang lainnya.

"Kami sudah perhatikan sejak kuartal keempat tahun 2015 sampai sekarang, itu kita terus mengamati perkembangan ekonomi di Chna dan kita juga melihat bahwa mungkin pertumbuhan ekonomi mereka akan lebih lambat," kata Agus di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Tidak hanya itu, Agus juga menjelaskan bahwa kinerja sektor manufaktur China pun terpantau melambat. Namun demikian, neraca perdagangan China menunjukkan kondisi yang lebih baik.

"Hal-hal ini terus kita amati dan kita mengantisipasi seperti yang mereka umumkan secara resmi bahwa pertumbuhan ekonomi ke depan akan rata-rata di 6,5 persen. Itu adalah kondisi yang lebih rendah dari yang diperkirakan di 6,8 persen," ujar Agus.

China adalah negara dengan skala ekonomi yang besar. Jika negara tersebut mengalami perlambatan ekonomi maka dapat mempengaruhi jaringan perdagangan Indonesia, termasuk pula keyakinan ekonomi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.