Kereta Cepat Diharapkan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi hingga 5,5 Persen

Kompas.com - 21/01/2016, 15:14 WIB
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri saat meninjau pembukaan lahan untuk proyek kereta cepat koridor Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016) KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIPresiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri saat meninjau pembukaan lahan untuk proyek kereta cepat koridor Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016)
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
BANDUNG KOMPAS.com - Pembangunan kereta cepat koridor Jakarta-Bandung dinilai bakal memiliki multiplier effect yang sangat luas.

Pembangunan proyek itu juga sejalan dengan rencana percepatan pembangunan infrastruktur pemerintah mulai dicanangkan awal tahun 2016.

Menurut Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Hanggoro Budi Wiryawan, pembangunan infrastruktur ini akan memberi stimulus pertumbuhan ekonomi nasional secara signifikan yang ditargetkan mencapai 5,5 persen di tahun 2016.

"Ground breaking kereta cepat Jakarta-Bandung dilakukan menyusul diluncurkannya sejumlah pembangunan infrastruktur di berbagai daerah oleh presiden," kata dia, Kamis (21/1/2016).

Selain itu, proyek kereta canggih itu bakal menyerap 39.000 tenaga kerja dengan rincian 20.000 pekerja konstruksi dan pembangunan Transit Oriented Development (TOD) mencapai 28.000 pekerja.

"Pada tahap awal, KCIC akan mengadakan 11 EMU, dimana satu set terdiri dari delapan kereta. Setiap kereta mampu mengangkut 593 orang sekali jalan atau dalam situasi puncak dapat digabungkan menjadi dua set sehingga total 1.000 penumpang," paparnya.

Proyek kereta canggih itu dibangun oleh empat perusahaan konsorsium BUMN. Antara lain PT Wijaya Karya, PT Jasa Marga, PT Kereta Api Indonesia dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Keempat perusahaan itu telah membentuk PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia yang selanjutnya berkolaborasi dengan konsorsium China yang mendirikan perusahaan patungan dengan nama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X