Kompas.com - 25/01/2016, 19:54 WIB
Direktur Utama BRI Asmawi Syam TRIBUNNEWS.comDirektur Utama BRI Asmawi Syam
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menargetkan nilai realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga akhir tahun ini mencapai Rp 67,5 triliun atau tiga kali dari target penyaluran KUR pada 2015, yakni Rp 21 triliun. "Target realisasi KUR hingga akhir tahun sebesar Rp 67,5 triliun," ujar Direktur Utama BRI, Asmawi Syam di hotel Shangri La, Jakarta Senin (25/1/2016).

Selain itu, untuk mencapai angka tersebut, pihaknya berencana menyalurkan KUR pada 17.000 hingga 18.000 orang setiap harinya sepanjang 2016. "Rata-rata tahun kemarin per hari 12 hingga 13 ribu orang. Tahun ini kita tingkatkan jadi 17 atau 18 ribu," ujar Asmawi.

Asmawi mengatakan, dirinya optimistis target ini bisa tercapai. Khususnya, dengan kebijakan pemerintah yang menurunkan bunga KUR menjadi sembilan persen. "Terbantu dengan sembilan persen, karena yang selama ini unbankable jadi tersentuh, yang tidak bisa dilayani jadi bisa dilayani," ujar Asmawi.

Untuk mencapai target tersebut, Asmawi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi. Pertama, dia mengatakan pihaknya berencana untuk menambah jumlah personel. Salah satunya adalah dengan melatih dan melibatkan anak-anak pedagang pasar untuk turut menyalurkan KUR. "Tahun lalu mendidik anak pedagang pasar pada November-Desember. Mereka akan efektif bekerja di Januari atau Februari," ujar Asmawi.

Selain menambah personel, Asmawi juga mengatakan pihaknya berencana menambah jaringan. Salah satunya dengan membangun lebih banyak jaringan laku pandai. "Ada 53 ribu outlet yang branchless banking. Kita jadikan sebagai penerima layanan. Memang tidak akan bisa untuk menganalisa tapi bisa jadi tempat untuk mengajukan KUR," kata dia.

Terakhir, lanjut Asmawi pihaknya tahun ini juga berencana untuk mengembangkan teknologi. Salah satunya dengan melakukan digitalisasi. "Kita akan memperbaiki loan approval system kita. Kita akan membeli alat tambahan supaya mempercepat layanan," pungkas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah memberlakukan penurunan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi sembilan persen mulai 1 Januari 2016. Dalam rangka optimalisasi penyaluran KUR, pemerintah akan menambah jumlah bank penyalur kredit bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UKM).  Hingga 20 Januari 2016 realisasi KUR BRI mencapai Rp 2,8 triliun dengan jumlah debitur mencapai 162 ribu.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X