Pemerintah Tetapkan PT KAI Jadi Operator LRT Jabodetabek

Kompas.com - 03/02/2016, 14:36 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa menteri ekonomi mengadakan rapat koordinasi terkait pembangunan proyek kereta ringan atau LRT Jabodetabek.

Hasilnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) ditetapkan sebagai operator LRT Jabodetabek tersebut.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjelaskan, Presiden Joko Widodo menghendaki penugasan operator LRT Jabodetabek kepada PT KAI. Dengan demikian, tidak perlu ada pelelangan dan akan terjadi penghematan waktu karena operator langsung ditunjuk.

"Penugasan operator LRT Jabodetabek itu Bapak Presiden menghendaki ditugaskan kepada PT KAI. Jadi tidak usah dilelang karena akan makan waktu yang panjang dan sebagainya. Itu saja, tidak ada yang lain," kata Jonan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (3/2/2016).

Adapun terkait pembiayaan pembangunan proyek, Jonan menyatakan akan dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan demikian, proyek ini akan dibiayai oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan.

Proyek pembangunan LRT Jabodetabek sendiri sudah dimulai sejak September tahun 2015 lalu. Pemerintah menargetkan, pekerjaan pembangunan prasarana kereta ringan ini akan rampung pada tahun 2018 mendatang.

PT Adhi Karya Tbk ditunjuk sebagai pelaksana pengembangan prasarana kereta ringan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.