BI: Investasi Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV 2015

Kompas.com - 05/02/2016, 21:00 WIB
Awak media menanti di depan Gedung Bank Indonesia. Tim KPK tengah melakukan penggeledahan terkait kasus Century. Selasa (25/6/2013). Kompas.com/Robertus BelarminusAwak media menanti di depan Gedung Bank Indonesia. Tim KPK tengah melakukan penggeledahan terkait kasus Century. Selasa (25/6/2013).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2015 tercatat 5,04 persen secara setahunan (year on year/yoy), lebih tinggi dibandingkan kuartal III 2015 yang sebesar 4,74 persen (yoy).

Pertumbuhan tersebut salah satunya didorong belanja pemerintah untuk infrastruktur.

"Dari sisi permintaan domestik, peningkatan pertumbuhan ekonomi terutama didorong oleh meningkatnya peran pemerintah, baik dalam bentuk konsumsi pemerintah maupun investasi infrastruktur," kata Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia  Arbonas Hutabarat Jumat (5/2/2016) di Jakarta.

Kemenkeu Rincian Dana Infrastruktur 2015

Sementara, konsumsi swasta masih tetap kuat, ditopang oleh peningkatan pertumbuhan konsumsi Lembaga Non-Profit Rumah Tangga (LNPRT) terkait aktivitas Pilkada pada kuartal IV 2015.

Dari sisi eksternal, pemulihan ekonomi global yang berjalan lambat serta penurunan harga komoditas berdampak pada masih menurunnya ekspor.

"BI akan terus memonitor berbagai perkembangan, baik domestik maupun eksternal, sekaligus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi," kata Arbonas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X