Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertamax dan Pertalite Kembali Turun Rp 200 Per Liter

Kompas.com - 29/03/2016, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina akan menurunkan harga BBM nonsubsidi sebesar Rp 200 per liter yang mulai berlaku pada Rabu tanggal 30 Maret 2016 pukul 00.00 WIB.

"Besok kami turunkan semua produk non-PSO seperti Pertalite jadi Rp 7.100 per liter, lalu Pertamax jadi Rp 7.500 tiap liter," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, Selasa (29/3/2016).

Harga BBM non-PSO, seperti Pertalite, Pertamax 92, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex, akan mengalami penurunan yang lebih cepat ketimbang BBM bersubsidi, seperti Premium dan Solar, yang akan memakai harga barunya pada 1 April mendatang.

Pertamina menggelontorkan stok BBM non-PSO bila pasokan Premium dan Solar habis saat ditetapkannya harga baru pada April mendatang.

"Mulai besok, BBM non-PSO sudah kami turunkan dulu dan kami isi penuh. Jadi kalau nanti Premium kosong saat harga baru diumumkan, ada pilihan lain," ucapnya.

Ahmad mengharapkan penurunan harga BBM bersubsidi tidak diturunkan terlalu besar. Pasalnya, banyak prediksi harga minyak akan kembali merangkak naik dalam hitungan bulan.

"Kami usulkan April ini turun tapi enggak dalam, nanti Juli enggak usah naik tidak apa-apa Pertamina rugi dulu, kewenangan itu ada di pemerintah. Namun, saya melihat masyarakat lebih mementingkan stabilitas, boleh naik atau turun asal tidak tajam sekali," kata Ahmad.

Hal tersebut, kata Ahmad, sebagai antisipasi periode tiga bulan berikutnya, yaitu Juli ketika bulan Ramadhan, akan memasuki hari raya Idul Fitri dan libur panjang sekolah.

Jika harga BBM naik pada momen-momen tersebut, tentu akan mendorong inflasi dan memberatkan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com