HM Sampoerna Lakukan "Stock Split", Sahamnya Jadi Rp 3.700 per Lembar

Kompas.com - 28/04/2016, 06:49 WIB
House of Sampoerna (HOS). Museum rokok yang menyajikan sejarah kretek di Indonesia House of Sampoerna (HOS). Saksi bisu sejarah kretek di IndonesiaHouse of Sampoerna (HOS). Museum rokok yang menyajikan sejarah kretek di Indonesia
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang saham PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, menyetujui aksi korporasi berupa pemecahan nilai nominal saham (stock split). Dengan demikian, harga saham perseroan menjadi lebih terjangkau.

Dalam aksi korporasi tersebut, saham HM Sampoerna dipecah dengan rasio 1:25. Artinya pemegang saham akan mendapatkan 25 lembar saham untuk setiap saham yang dimiliki.

 

Dengan demikian, pemecahan nominal saham ini akan meningkatkan jumlah saham perseroan yang beredar dari 4,65 miliar lembar menjadi 116, 31 miliar lembar saham.

Saham HM Sampoerna yang pada pembukaan perdagangan Rabu (27/4/2016) berada di level 92.500 kemudian akan menjadi Rp 3.700 per lembar saham setelah aksi stock split.

"Stock split ini membuat harga saham kami lebih terjangkau sehingga menarik minat investor ritel lebih banyak," ujar Paul Janelle, Presiden Direktur HM Sampoerna.

Menurut dia, strategi stock split ini sejalan dengan program Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan jumlah investor, serta meningkatkan nilai transaksi saham di pasar modal Indonesia.

Dalam laporan keuangan kuartal I 2016, HM Sampoerna meraup pendapatan bersih sebesar Rp 21,9 triliun, atau naik 1,7 persen dari kuartal satu 2015 sebesar Rp 21,6 triliun. Sementara laba bersih terkumpul Rp 3,1 triliun, atau naik 7,6 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Kompas TV Pabrik-Rokok-Terbakar-di-Malang

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X