Antisipasi Kepadatan Pemudik, ASDP Jual Tiket hingga di "Rest Area" Tol

Kompas.com - 10/06/2016, 11:30 WIB
Ilustrasi: PT ASDP Kamal Bangkalan KOMPAS.com/TaufiqurrahmanIlustrasi: PT ASDP Kamal Bangkalan
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry akan membuka 57 loket pembayaran di Pelabuhan Merak selama arus mudik Lebaran. Hal itu dilakukan untuk mencegah antrean panjang pemudik di pelabuhan.

“Targetnya, agar diberikan kelancaran dan tidak ada antrean sehingga pengguna jasa dapat melakukan mudik dengan nyaman, aman, dan selamat,” ujar Direktur Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Kemal Heryandri dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Ia menuturkan, 52 loket yang akan dibuka itu terdiri dari 23 loket penumpang, 16 loket motor, 12 loket untuk mobil, dan 3 loket di rest area Km 43 dan Km 68 Tol Tangerang – Merak.

Menurut ASDP, penempatan loket tiket di rest area Tol merupakan buffer zone untuk mencetak kepadatan antrean di Pelabuhan Merak.

Rencananya, loket di buffer zone itu akan dibuka H-12 atau 23 Juni 2016, selama 24 jam. Sedangkan untuk arus balik, ASDP juga akan membuka penjualan tiket si Hotel 56 Kalianda, Lampung Selatan.

"Dengan pembelian di buffer zone, pengguna jasa dapat menikmati jalur khusus (fast track) di pelabuhan saat akan naik ke kapal. Fast track akan disediakan di jalur 1 dan 2 menuju dermaga 1 dan 3,” ucap Kemal.

ASDP memperkirakan, kepadatan pemudik mulai terjadi pada H-7 atau hari Rabu, 29 Juni 2016, dan puncak arus mudik diprediksi pada H-4 hari Sabtu tanggal 2 Juli 2016 dengan kenaikan sekitar 3-6 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas TV Kapal Feri Minim, Kendaraan dan Penumpang Menumpuk



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X