4 Jurus Jitu Membenahi Keuangan Pribadi Setelah Musim Liburan

Kompas.com - 15/07/2016, 11:45 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim libur Lebaran baru saja berakhir minggu ini, meskipun masih ada sebagian orang yang memilih untuk mengambil cuti tambahan untuk menambah waktu liburannya.

Menjelang musim libur seperti libur Lebaran, pengeluaran yang kita lakukan cenderung besar dan melebihi pengeluaran di bulan lain.

Pengeluaran yang membengkak dapat terjadi karena umumnya kita mempersiapkan diri untuk membeli berbagai perlengkapan terkait persiapan berlibur ataupun tradisi perayaan seperti Lebaran kemarin.

Ditambah dengan pengeluaran untuk tiket transportasi dan akomodasi berlibur, arus keuangan sebagian besar orang tentu cenderung berada di titik rawan musim liburan.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa membenahi keuangan pribadi setelah musim liburan merupakan prioritas utama yang harus dilakukan selain mengembalikan semangat bekerja dan beraktivitas kembali.

“Jika keuangan pribadi kita dibiarkan acak-acak setelah musim libur, maka keburukan ini bisa terus terbawa  hingga bulan-bulan berikutnya. Tentunya hal ini tidak baik untuk kondisi finanasial kita di jangka panjang,” kata Jay.

Berikut ini merupakan 4 jurus jitu yang bisa Anda lakukan untuk membenahi keuangan pribadi setelah musim liburan berlalu.

Jurus pertama, buatlah daftar perkiraan pengeluaran untuk bulan ini dan bulan depan. Perkiraan pengeluaran ini membantu untuk menentukan apakah sisa uang yang Anda pegang sudah cukup atau tidak untuk memenuhi seluruh kebutuhan.

Jangan sampai karena tidak memperkirakan jumlah pengeluarannya, Anda terpaksa berhutang kesana kemari demi memenuhi kebutuhan Anda.

Jurus kedua, periksa seluruh nilai aset yang Anda miliki. Aset yang dimaksud di sini adalah tabungan dan investasi seperti emas yang bisa dijual dalam waktu cepat. Aset-aset tersebut dapat menjadi cadangan untuk memenuhi kebutuhan yang rutin dan tidak bisa ditunda jika memang uang yang Anda pegang tidak cukup.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.