Ada "Diskon" Khusus, UMKM Harus Manfaatkan Amnesti Pajak

Kompas.com - 25/07/2016, 19:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi XI DPR Misbakhun mengharapkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa memanfaatkan kebijakan amnesti pajak.

Menurut dia, pemerintah sudah memberikan tarif khusus tebusan yang lebih kecil yakni 0,5 persen untuk pelaku UMKM yang memiliki harta di bawah Rp 10 miliar, dan 2 persen untuk yang di atas Rp 10 miliar.

"Diharapkan urusan pajak mereka (pelaku UMKM) selesai dengan adanya tax amnesty ini," ujar Misbakhun dalam sambungan telepon diacara diskusi di Jakarta, Senin (25/7/2017).

Selama ini, diperkirakan banyak pelaku UMKM yang belum mencatatkan asetnya dengan benar ke dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak. Oleh karena itu, kebijakan amnesti pajak bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki data pajak tersebut.

Bahkan kata Misbakhun, para pelaku UMKM yang mengikuti program amnesti pajak bisa memiliki kemudahan mendapatkan kredit dari bank.

"Kalau memperbaiki data pajaknya, bisa (mudah) dapat kredit bank," kata dia.

UU Pengampunan Pajak kata dia sudah mengakomodir sektor UMKM untuk mencicipi dana repatriasi amnesti pajak yang ditargetkan mencapai Rp 1.000 triliun oleh pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diharapkan pihak-pihak yang melakukan investasi langsung dari dana repatriasi menjadikan sektor UMKM sebagai sasarannya.

Kompas TV Singapura Bantah Jegal Upaya Dana Tax Amnesty
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.