Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Siap Kelola Pelabuhan UPT

Kompas.com - 19/08/2016, 16:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II menyatakan siap untuk mengelola pelabuhan unit pelaksana teknis (UPT) yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melepas sejumlah pelabuhan UPT untuk dikelola oleh Pelindo. Meski menyerahkan pengelolaan, Budi menegaskan, pengawasan tetap ditangani Kemenhub. 

"Pada prinsipnya, perusahaan siap untuk mengelola pelabuhan-pelabuhan yang saat ini dikelola UPT, secara bertahap, sesuai prioritas dalam pengembangan jaringan pelabuhan yang dikelola oleh perusahaan dan konektivitas nasional," ujar Sekretaris PT Pelindo II Banu Astrini saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Jumat (19/8/2016). 

Banu mengungkapkan, perusahaan kini tengah mempertimbangkan pelabuhan UPT mana saja yang nantinya bisa dikelola Pelindo II.

Pelindo II juga sedang menghitung berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk mengelola pelabuhan UPT. 

Menurut dia, perusahaan akan mengajukan pengelolaan pelabuhan UPT setelah pertimbangan opsi-opsi selesai. 

"Kami sedang menganalisis opsi-opsi dari pelabuhan-pelabuhan yang saat ini dikelola oleh UPT, termasuk dari sisi lokasi, fasilitas, jaringan pelayaran, back-up area, dan konektivitas ke hinterland," pungkasnya. 

Sekadar informasi, saat ini wilayah operasi Pelindo II mencakup 10 provinsi di bagian barat Pulau Jawa dan bagian selatan Pulau Sumatera. Pelindo II mengelola 12 pelabuhan yang salah satunya Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com