Hari Ini, Sri Mulyani Laporkan Perkiraan Pelebaran Defisit Anggaran ke Presiden

Kompas.com - 16/09/2016, 11:12 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Fabian Januarius KuwadoMenteri Keuangan Sri Mulyani
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memperkirakan defisit anggaran dalam APBN-P 2016 akan melebar.

Oleh karena itu, Sri Mulyani akan memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait persoalan tersebut hari ini.

Saat rapat dengan Komisi XI, Kamis (15/9/2016) malam, Menkeu mengungkapkan bahwa perkiraan pelebaran defisit disebabkan adanya pendapatan sejumlah pos yang tidak sesuai target semula.

Defisit anggaran yang sudah ditetapkan dalam APBN-P 2016 yakni 2,35 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Diperkirakan hingga akhir tahun defisit anggaran akan mencapai 2,41 persen.

"Kami akan usulkan ada sedikit pelebaran defisit dengan tetap tidak melebihi 3 persen seperti diamanatkan undang-undang," kata Ani.

(Baca: Kondisi Anggaran Pemerintah Semakin Mengkhawatirkan)

Meski begitu, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan bahwa potensi pelebaran defisit anggaran bisa semakin melebar ke angka 2,5-2,7 persen.

Hal tersebut bisa terjadi bila realisasi penerimaan negara tidak sesuai harapan.

Hari ini (16/9/2016), rencananya pemerintah menggelar rapat terbatas mengenai perkembangan APBN-P 2016 di Kantor Presiden pada pukul 14.00 WIB.

Selain itu, rapat juga akan membahas rancangan APBN 2017 dan pembiayaan investasi non-APBN.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X