4 Pertanyaan yang Bisa Menyukseskan Wawancara Kerja

Kompas.com - 08/10/2016, 19:00 WIB
Ilustrasi wawancara kerja Dok. JobplanetIlustrasi wawancara kerja
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - “Apakah Anda punya pertanyaan?”

Anda tentu tidak asing lagi dengan pertanyaan di atas. Di akhir setiap wawancara kerja biasanya pewawancara akan memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Banyak hal yang bisa dinilai oleh pewawancara dari jawaban Anda untuk pertanyaan tersebut, mulai dari antusiasme, rasa ingin tahu, hingga sikap kritis Anda.

Jadi, pertanyaan ini sama dengan momen penting yang harus Anda maksimalkan untuk memikat hati mereka.

Di bawah ini adalah empat hal yang bisa Anda tanyakan saat wawancara, berikut contoh pertanyaannya:

1. Tentang Pewawancara

Sebelum interview, luangkanlah waktu untuk melakukan background check orang yang akan mewawancarai Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan menelusuri profil si pewawancara yang ada di website perusahaan atau bahkan media sosialnya.

Anda kemudian bisa mengajukan pertanyaan berdasarkan informasi yang Anda dapatkan. Karena faktanya, kebanyakan orang paling senang jika diajak bercerita soal dirinya atau hal-hal yang disukainya.

Contoh, “Bapak/Ibu pasti sudah sangat berpengalaman di bidang marketing. Apakah Bapak/Ibu mengawali karier di bidang tersebut di perusahaan ini?”

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X