Dua Raksasa Rokok Dunia Akan Merger

Kompas.com - 21/10/2016, 21:00 WIB
ilustrasi rokok shutterstockilustrasi rokok
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - British American Tobacco (BAT) mengumumkan pada Jumat (21/10/2016) penawaran untuk mengambil kendali atas Reynolds American (RAI), perusahaan rokok dan tembakau terbesar kedua di AS.

Kedua raksasa rokok itu memiliki beberapa merek rokok terlaris di dunia, termasuk Pall Mall dan Kent.

Menurut BAT seperti dikutip dari CNN Money, memadukan BAT dan RAI akan dapat menciptakan perusahaan rokok terbesar di dunia dalam hal penjualan bersih dan laba operasional.

BAT sudah memiliki 42 persen saham RAI, namun berminat untuk membeli sisa 58 persen kepemilikan saham. BAT telah mengajukan penawaran kepada direksi RAI, namun keduanya belum mengadakan pembicaraan terkait hal itu.

Penawaran harga saham yang ditawarkan adalah 56,50 persen per saham RAI, 20 persen di atas harga pada saat penutup perdagangan hari Kamis (20/10/2016).

Investor pun tampaknya menyambut baik keputusan tersebut. Hal ini terlihat dari menguatnya saham BAT sebesar 4,2 persen di bursa saham London. Ikatan yang sudah terjalin di antara kedua perusahaan ini berarti mereka sudah berbagi beberapa merek rokok.

Misalnya, RAI memiliki hak cipta atas merek Pall Mall di AS dan BAT memiliki hak cipta merek tersebut di lebih dari 100 pasar internasional. Salah satu merek rokok terkenal yang dimiliki BAT adalah Lucky Strike. Adapun merek rokok tersohor yang dimiliki RAI adalah Camel.

"Pengajuan penawaran merger dua perusahaan besar ini adalah progres dalam hubungan kami," ujar CEO BAT Nicandro Durante.

Kompas TV Tepatkah Langkah Kenaikan Harga Rokok?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X