Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Memerah, Tersandung Paparan Kinerja Kuartal III

Kompas.com - 26/10/2016, 08:16 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

NEW YORK, KOMPAS.com - Perdagangan saham di Amerika Serikat (AS) atau sering disebut Wall Street, pada Selasa waktu setempat atau Rabu (26/10/2016) waktu Indonesia ditutup turun.

Penyebabnya, yakni banyaknya paparan kinerja perusahaan di kuartal III yang kurang memuaskan atau tidak sesuai ekspektasi, misal dari sektor perumahan. Sementara kenaikan dari sektor produk konsumen tidak bisa mengangkat indeks.

Indeks Dow Jones turun 53,76 poin atau turun 0,3 persen ke 18.169,27. Indeks S&P 500 turun 8,17 poin atau turun 0,38 persen ke level 2.143,16 dan indeks Nasdaq Composite turun 26,43 poin atau turun 0,5 persen ke level 5.283,40.

Apple Inc, perusahaan AS terbesar dalam kapitalisasi pasar, memposting hasil penjualan iPhone setelah bel perdagangan usai.

Namun, terdapat tren penurunan penjualan, yang menyebabkan saham Apple jatuh dua persen, dan secara cepat menyeret turun indeks berjangka S&P 500, ESc1 ke sesi terendah.

Sementara itu pada sesi reguler, saham Whirlpool turun 10,8 persen akibat pendapatan perusahaan yang berada di bawah estimasi yang menimbulkan estimasi kurang baik bagi perusahaan.

Saham Sherwin Williams juga turun 10,9 persen gara-gara outlook kinerjanya juga mengecewakan para pelaku pasar di Wall Street.

Turunnya saham Whirlpool dan Sherwin Williams mengindikasikan bahwa sektor perumahan sedang mengalami penurunan.

"Paparan kinerja Whirlpoll dan Sherwin Williams yang kurang baik mungkin mengindikasikan adanya perlambatan pada siklus perumahan," kata Kim Forest, senior equity research analyst di Fort Pitt Capital Group di Pittsburgh.

Dia juga mengatakan, hal tersebut juga bisa menyebabkan pemberatan pada saham Home Depot, yang pada sesi perdagangan Selasa ini turun 3,5 persen. Sedangkan saham Lowes Cos juga turun 3,5 persen.

Perusahaan produk konsumen Procter & Gamble naik 3,4 persen ke level 86,97 dollar AS setelah paparan kinerjanya di kuartal III menghasilkan laba yang lebih baik dibanding estimasi.

Namun saham perusahaan peralatan olahraga Under Armour turun 13,2 persen ke level 32,89 setelah melaporkan penjualan kuartalan yang melambat dalam enam tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com