Kompas.com - 03/11/2016, 19:51 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

 


JAKARTA, KOMPAS.com –
Telkom Group menegaskan situs web besutannya, blanja.com, sebagai bagian dari komitmen mendukung bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mitra binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Situs web tersebut menyediakan diri menjadi wadah pemasaran produk UMKM itu.

“Hadirnya blanja.com sebagai etalase online seluruh produk UMKM binaan BUMN (diharapkan) mendorong persaingan para pelaku usaha ke tingkat global,” ujar CEO Telkom Group Alex J Sinaga, lewat siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/11/2016).

Nota kesepahaman atas kesepakatan tersebut ditandatangani pada Kamis (29/10/2016). Hadir dalam penandatanganan itu antara lain Menteri BUMN Rini M Soemarno.

“Dengan adanya blanja.com, kami berharap seluruh BUMN dapat memanfaatkan platform yang sama untuk memasarkan produk UMKM binaan dan produk masing-masing BUMN,” ujar Rini pada kesempatan tersebut.

Blanja.com juga mendapat dukungan perbankan pelat merah, yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN). Perbankan tersebut berperan menjadi pos pembayaran untuk transaksi melalui situs belanja online ini.

Selain itu, PT Pos Indonesia juga ikut berpartisipasi dengan menunjang sisi logistik untuk Blanja.com. Dukungan lain datang pula dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Upaya sinergi BUMN

Sinergi terbaru dari berbagai BUMN ini adalah salah satu bentuk implementasi visi Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM. Targetnya, Indonesia menjadi model ekonomi digital terbesar di ASEAN pada 2020.

usabilitygeek.com Ilustrasi e-commerce
Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian BUMN juga sudah menginisiasi dan meresmikan Rumah Kreatif BUMN pada Kamis (27/10/2016). "Rumah" ini diharapkan menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi para pelaku usaha sektor UMKM lewat bimbingan dan pelatihan.

(Baca juga: Dukung Visi Jokowi, Telkom "Geber" Bisnis Digital)

Kementerian BUMN mencanangkan pula rencana pembangunan unit Rumah Kreatif BUMN di 514 kabupaten dan kota. Kehadiran blanja.com pun diharapkan turut mendukung inisiatif tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.