OJK: Indonesia Butuh Emiten dengan Dua Kriteria Ini

Kompas.com - 07/11/2016, 18:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, tata kelola perusahaan yang baik penting untuk mencapai kinerja perusahaan terbuka yang melantai di bursa.

Oleh karena itulah, pada 2014 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan peta jalan tata kelola perusahaan go public.

Sejak diluncurkan, hingga Oktober 2016 OJK telah mengeluarkan enam Peraturan OJK (POJK) dan satu Surat Edaran OJK (SEOJK).

"Dengan governance ini perusahaan akan dikelola dengan baik, diawasi publik, dan tidak bisa main-main," kata Nurhaida dalam The 8th IICD CG Conference and Award, di Jakarta, Senin (7/11/2016).

Dalam kesempatan itu, Nurhaida mengapresiasi penyelenggaraan acara oleh Indonesian Institute for Corporate Directors (IICD). Nurhaida menegaskan, korporasi yang sehat dengan tata kelola baik akan dapat membantu pembangunan negara.

"Dalam menyambut kebutuhan negara, dan memenuhi dana, kita butuh emiten yang kuat secara finansial dan memiliki tata kelola yang baik," kata Nurhaida.

Dalam lima tahun ke depan, dibutuhkan Rp 4.800 triliun dana pembangunan. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara terbatas dan hanya mampu memenuhi 40 persen dari kebutuhan dana.

"BUMN 20 persen, dan sisanya 40 persen dari sektor privat," ucap Nurhaida.

Kompas TV OJK Bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.