Ditanya oleh JK soal Trump, Obama Malah Tertawa Terbahak-bahak

Kompas.com - 08/12/2016, 11:08 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, belum lama ini dirinya berkesempatan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Peru.

Dalam pertemuannya, JK bertanya kepada Obama terkait rencananya ke depan jika sudah tidak lagi menjabat sebagai presiden. Selain itu, JK juga meminta tanggapannya terkait isi pidato-pidato Donald Trump pada saat melakukan kampanyenya di beberapa wilayah di AS.

"Di Peru saya bicara dengan Obama dan Abe. Saya tanya, 'Obama setelah enggak di White House gimana? Apa yang akan dibuat Trump? Seberapa jauh sesuai kampanye?' Dia (Obama) malah ketawa terbahak-bahak," ujar JK di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Obama, kata JK, seolah memberikan pencerahan bahwa ketakutan beberapa negara terkait dengan isi pidato Trump tidak perlu dikhawatirkan.

"Jangan khawatirlah. Enggak bakal segitunya," tutur JK mencontohkan pernyataan Obama kepada dirinya.

Bahkan, kata Obama, yang akan terealisasi dari semua pidato Trump hanya di bawah sekitar 50 persen. "Dia bilang pasti Trump pragmatis. Saya yakin dia (Trump) laksanakan di bawah 50 persen dari kampanye," ucap JK.

JK pun menyadari bahwa janji-janji manis ataupun ancaman untuk sebagian golongan tertentu hanyalah bagian dari strategi kampanye.

"Itu realistislah sama seperti kampanye di DKI yang banyak janji siapa pun yang terpilih akan memakmurkan rakyatnya," ujar JK.

Kompas TV Donald Trump "Person Of The Year" Versi TIME
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.